Dinamika Jual-Beli Mobil Online

No Afgan please…

Beberapa hari ini, kami mencoba memantau mobil-mobil bekas yang di jual secara online, ternyata kami menemukan bahwa banyak mobil bekas dengan tahun lama dijual dengan harga yang overprice sekitar 50% s/d 100% dari harga normal, meskipun penjual mencantumkan kata “nego” dan “Noafgan” (boleh nego tapi jangan sadis). Yang cukup reasonable adalah mobil2 dengan tahun baru dan juga penjual yang menyatakan BU (Butuh Uang).

Kenapa rata-rata penjual, memasang harga yg tinggi..? Kami melihat bahwa kebanyakan penjual ingin menjual dengan santai artinya kalau laku syukur kalau tidak ya sudah. Atau kalau laku dapat untung banyak kalau tidak pakai sendiri.

Penjual dan pembeli sadis

Tetapi ada juga yang menjual dengan sadis atau menjual dengan harga sangat fantastis s/d 5 kali lipat dari harga normalnya. Mobil ini contohnya: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7977042 ,  Kami tidak tahu apa istimewanya, yang kalau dalam pandangan kami harga mobil tsb di sekitaran 25-35 jutaan tapi di jual 150 juta.

Dan lucunya para penawar juga tak mau kalah dengan menawar dengan harga yang jauh dari normal, menurut kami ini bukanlah penawar sadis yang sesungguhnya. Mungkin penawar mengikuti prinsip menawar santai (bukan berarti tidak serius) seperti juga jual santai.

Menurut kami, penawar sadiz yang sesunggunya adalah menawar dengan harga lebih tinggi dari normal tapi tidak pernah terlaksana, sehingga membuat calon pembeli lain jiper, dan membuat penjual pede bahwa mobilnya akan laku di sekitaran harga itu. Alhasil barang nongkrong terus dan membuat tertawa yang membaca komentar tawar menawar tsb.

Tips Penjual dan Pembeli

  • Penjual dan pembeli harus mengetahui harga dasar dari mobil tersebut, kami melihat bahwa acuan yang lumayan bagus adalah dari koran Pos Kota, biasanya harga harga yang diiklankan di harian tersebut tidak jauh dari harga jadinya.
  • Keduanya harus tahu tentang keistimewaan dari mobil yang akan di jual/dibeli sehingga tahu kenapa harga mobil tersebut lebih  mahal.
  • Pembeli jangan membeli berdasarkan foto saja…!
  • Pembeli jangan takut untuk menawar lebih rendah dari tawaran lain yang lebih tinggi yang ada di komentar, dan jangan percaya kalau penjual bilang bahwa mobilnya sudah ditawar tinggi. Tawar di sekitar budget anda, kalau tidak ada kesesuaian, maka mobil itu bukan untuk anda.
  • Penjual jangan percaya tawaran yang diajukan lewat telepon saja atau di komentar saja.
  • Pembeli yang serius akan menawar sekitaran harga dan memfollow up dengan melihat fisik kendaraan bila sesuai budget.
  • Penjual yang serius adalah penjual yang bekerja sama dan jujur dalam menjawab pertanyaan dan memberikan gambaran sejelas2 nya, meskipun sebelum pembeli melihat fisik mobil
  • Penjual harus kuat mental menghadapi komentar dan menjawab dengan baik baik.

Demikian beberapa tips, mudah-mudahan berguna bagi rekan rekan semua, bila ada tips lain jual beli di online, silahkan memberikan komentar… oh ya.. No Afgan please..


One comment


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s